5 Dasar Tuntunan Agama Hindu

Berikut adalah 5 Dasar tuntunan sebagai umat hindu untuk menjalankan dharma kehidupan ;


1. Welas Asih
Welas asih atau kasih sayang kepada semua mahluk ciptaan Ida Sang Hyang Widi Wasa, baik itu tumbuhan, binatang dan manusia. Kasih sayang yang lebih ditingkatkan lagi di masa Kaliyuga dengan menyisihkan sedikit penghasilan/pendapatan kita berupa PUNIA. Punia dilakukan untuk keseimbangan alam contohnya merawat tanaman dengan menyiram dan memberi pupuk, kepada Binatang dengan memberi makan dan merawat dengan baik, serta kepada sesama manusia dengan saling menolong memberikan kepada yang kurang mampu atau mereka yang membutuhkan,

2. Lascarya
Lascarya dalam arti lain adalah Tulus iklas menjalankan kehidupan yang merupakan bagian dari karma dari kehidupan yang lalu.

3. Mendem Rasa
Memendam Rasa atau eling menerima apapun kebahagiaan dan cobaan kehidupan dengan kepatutan. Tidak melampiaskan kebahagiaan dengan berlebihan serta tidak larut lebih dalam jika cobaan atau rintangan yang tengah dihadapi. Ida Sang Hyang Widi tidak akan memberikan cobaan atau rintangan diluar kemampuan kita. Serta yang terpenting adalah eling akan musuh terbesar dalam diri kita yang lebih dikenal dengan sebutan SADRIPU (Kama =Keinginan/Nasfu, LOBHA = Tamak.Rakus, KRODHA = Kemarahan, MOHA = Kebingungan, MADA = Mabuk, MATSARYA = Dengki/Irihati)

4. Metilesang Raga
Metilesang Raga dalam arti Intropeksi diri dan beradaptasi dalam keadaan/ lingkungan apapun.

5. Mautsaha
Mautsaha atau berusaha lebih baik dalam menjalankan kehidupan. Kalu dirasa beberawa waktu keliru dalam berbuat, berkata dan berpikir maka berusaha untuk berubah menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.